Lanjutan  dari Landasan Teori Aset Manajemen 

Proses Prencanaan
Ruang lingkup aktifitas dari Asset Management semakin luas dari mengidentifikasi harapan dari pelanggan kemudian ditambah dengan operasi tiap hari pada fasilitas untuk mencapai level layanan yang dibutuhkan. Proses yang menghubungkan antara keinginan konsumen dan aktivitas yang optimum untuk bisnis melalui proses prencanaan aset manajemen secara taktis dapat dilihat pada gambar 4.1

Prencanaan Strategis
Perencanaan strategis untuk aset infrastruktur akan mempengaruhi perencanaan keuangan jangka waktu 10-25 tahun tapi mungkin kelihatan bagus diluar periode ini untuk tujuan menganalisa  masa pakai strategis. Perencanaan strategis menggambarkan perubahan dari permintaan pelanggan atau harapan-harapan mereka menjadi kebutuhan akan layanan melalui strategi persiapan dalam jangka waktu yang lama.

Komponen-komponen yang ada pada proses perencanaan strategis antara lain:
 Pengembangan dari statement yang mendeskripsikan posisi yang diinginkan oleh organisasi dalam jangka panjang.
 Review dari lingkungan operasi untukmeyakinkan bahwa semua elemen yang mempengaruhi aktifitas organisasi telah dipertimbangkan. Termasuk dalam element tersebut adalah perusahaan, masyarakat, lingkungan, keuangan, legislatif, institusi dan regulator.
 Identifikasi dan evaluasi dari pilihan strategis untuk mencapai tujuan jangka panjang sperti yang disebutkan pada misi perusahaan.
 Pernyataan yang jelas dari arah strategi, tujuan dan hasil yang diinginkan.

Perencanaan strategis sektor pelayanan umum mungkin akan diberikan bobot yang sama dengan lingkungan, sosialdan faktor ekonomi yang menjelaskan tujuan strategis, yang mana membutuhkan level pelayanan di masa depan, dimana sektor swasta akan mempunyai peran yang besar sebagai penentu ekonomi.

Perencanaan Taktis
Perencanaan taktis menerjemahkan tujuan dan rencana strategis ke dalam tujuan spesifik dan tujuan yang relevan dengan kapasitas perusahaan. Perencanaan taktis melibatkan pengembangan dari beberapa rencana yang terpisah yang mengalokasikan sumber daya (alam, fisik, keuangan, dll) untuk mencapai tujuan strategis melalui dengan memenuhi level pelayanan yang dibutuhkan. Gambar 4.2 menunjukkan bagaimana rencana strategis dan perencanaan taktis.

Tergantung pada tujuan awal organisasi, rencana taktis berbeda mempunyai kemungkinan perbedaan prioritas. Asset Management Plan dapat dipertimbangkan sebagai rencana taktis untuk implementasi infrastruktur yang berhubungan dengan strategi yang muncul dari proses perencanaan strategis.

 Perencanaan Operasional
Perencanaan operasional secara umum terdiri dari rencana aksi secara detail dan informasi pekerjaan dalam 1-3 tahun mendatang. Contoh dari Perencanaan Operasional adalah rencana tahunan otoritas lokal dan rencana bisnis departemen. Semua perencanaan ini menyediakan arah yang pasti untuk periode 12 bulan ditambah 2 tahun rencana tambahan dan lebih condong ke arah praktek daripada sebuah visi.
Sebuah Perencanaan Operasional yang efektif seharusnya :
 Mencerminkan prioritas secara benar yang muncul dari Rencana Taktis
 Menghasilkan level layanan yang disepakati dengan biaya yang minimal
 Dapat dicapai dan cocok untuk organisasi
 Mengandung ukuran kinerja yang dapat diaudit.
 Meningkatkan pelaksanaan pelayanan secara efisiensi dan inovatif.

Asset Management Plans
Asset Management Plans (Perencanaan Manajemen Aset) adalah sebuah rencana taktis untuk mengatur infrastruktur dan aset lainnya sehingga dengan biaya yang cocok dapat mencapai tujuan strategis jangka panjang perusahaan. Gambar 4.2 membarikan ilustasi bagaimana Asset Management Plans dihubungkan dengan perencanaan yang lain di dalam perusahaan

About these ads